baterai baru
baterai baru

Cara Ampuh Membuat Baterai Android Seperti Baru

Baterai adalah masalah utama yang di alami setiap smartphone, tak terkecuali perangkat Android. Saat pertama kali kita memiliki Android, anda bisa menggunakan baterai sampai dua hari tanpa harus melakukan charge. Tapi, setelah pemakaian beberapa bulan , ketahanan baterai Android anda akan mengalami penurunan drastis sehingga menyebabkan anda tidak bisa lepas dari yang namanya charger.

Salah satu cara untuk bisa memperpanjang daya tahan baterai yakni dengan melakukan sesuatu yang disebut Kalibrasi Baterai. Dengan kalibrasi baterai ini, informasi yang tesimpan di dalam file batterystats.bin seperti aktifitas baterai saat pertama kali Android digunakan akan terhapus dan secara langsung akan mengakibatkan baterai tampak lebih baru.
Cara melakukan kalibrasi baterai pun cukup mudah, berikut ini akan saya beritahu bagaimana cara mengkalibrasi baterai Android anda. Hal yang harus anda perhatikan sebelum memulai kalibrasi, Android anda harus dalam keadaan ter-Root, jika tidak dalam keadaan root maka cara ini tidak bisa anda terapkan. Untuk panduan rooting android, anda bisa cek di sini Cara Mudah Root Semua Jenis Android.

  1. Download dan install aplikasi bernama Battery Calibration di Android anda
  2. Sebelum anda memulai kalibrasi, pastikan bahwa kapasitas baterai Android anda sudah terisi sampai 100% atau ful. Jika belum, charge terlebih dahulu Android anda
  3. Buka aplikasinya, kemudian anda pilih Battery Calibration. Kemudian klik Ok
  4. Sekarang gunakan Android anda hingga baterainya habis, setelah itu charge kembali sampai dalam keadaan mati atau yang biasa disebut offline charge hingga 100%.

Setelah anda mengikuti semua langkah diatas dengan benar, sekarang gunakan Android anda seperti biasa. Kemudian rasakan perbedaan daya tahan baterai anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*