benarkah-perlu-8-jam-untuk-charge-pertama-hp-banner
benarkah-perlu-8-jam-untuk-charge-pertama-hp-banner

Benarkah Perlu Waktu 8 Jam Untuk Charge HP Pertama ?

Dulu masih ingatkah anda saat kita pertama kali membeli sebuah handphone dianjurkan untuk dicharge terlebih dahulu HP tersebut sampai sekitar 7 sampai 8 jam. Apakah hal itu masih berpengaruh hingga saat ini?
Tentu saja dengan berkembangnya jaman yang pesat dibidang teknologi. Saat ini baterai smartphone jaman sekarang sudah berbahan Lithium ion Li-Ion atau Lithium Polymer Li-Poly tidak seperti jaman dulu yang masih menggunakan Ni-MH Nikel Metal Hydride.

Yang menjadi perbedaan dari kedua jenis baterai diatas adalah pada baterai Ni-MH perlu pengosongan daya baterai supaya saat ingin dicharge agar mendapatkan kapasitas maksimal.

Tetapi pada baterai Li ion malah tak perlu melakukan hal tersebut karena kapasitas di baterai akan tetap seperti pada kondisi pertama dia di buat, sehingga tidak memerlukan hal tersebut. Apalagi dengan saran charge pertama kali harus sekitar 7-8 jam.

Hal itu tidak lagi berlaku untuk jaman sekarang. Cukup lakukan charge baterai hingga penuh saja dan sudah bisa anda gunakan. Justru hal yang harus anda hindari di baterai hp jaman sekarang adalah penggunaan hingga baterai habis yang di tandai dengan matinya smartphone karena tak ada daya baterai yang tersisa. Hal ini harus anda hindari karena bisa-bisa baterai justru akan berumur lebih pendek dari biasanya.

Jadi untuk anda yang mengalami masalah kebocoran pada baterai, anda bisa mencoba kalibrasi baterai android. Tapi jika menggunakan charger Hp 30 detik penuh seperti postingan kemarin bagaimana ya jadinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*